Fungsi Penting Alkalinitas Pada Budidaya Udang

Fungsi Penting Alkalinitas Pada Budidaya Udang
Fungsi Penting Alkalinitas Pada Budidaya Udang

PupukTambak.Com - Bagi pengusaha budidaya udang, menjaga alkalinitas air sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan fungsi dari alkalinitas itu sendiri, yaitu menjaga pH air agar tetap stabil. Air dengan pH yang naik turun secara intens akan menyebabkan berbagai gangguan dari komunitas udang didalamnya. Misalkan saja gampang terserang penyakit, dan bahkan mengalami kematian.

Konsentrasi alkalinitas pada budidaya udang berkisar yang ideal berkisar antara 80-100 ppm. Pada umumnya, alkalinitas akan menurun seiring berjalannya waktu. Hal itu disebabkan oleh proses dekomposisi yang terjadi pada endapan sisa makanan maupun kotoran udang. Untuk itu, sebelum menggunakan kolam tambak sebagai media untuk budidaya udang, anda perlu melakukan pengapuran terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan alkalinitas yang cenderung akan turun setiap waktu.

Fungsi Utama Alkalinitas

Dari sedikit pembahasan diatas, bisa dikatakan bahwa alkalinitas mempunyai fungsi yang tidak dapat diremehkan untuk kelangsungan budidaya udang. Setidaknya ada 2 fungsi penting yang harus anda ketahui sebagai pelaku usaha budidaya dari salah satu komoditas perikanan ini.

1. Sebagai Sumber Karbondioksida

Fungsi yang pertama adalah sebagai sumber karbondioksida. Memang sekilas tampak merugikan, namun gas Co2 ini sangat berfungsi untuk perkembangan mikroorganisme dalam air seperti fitoplankton sebagai proses fotosintesis. Dari proses tersebut nantinya akan menghasilkan oksigen yang berguna untuk kelangsungan hidup udang.

Walaupun sebenarnya, oksigen didalam air akan terbentuk secara alami karena adanya tekanan atmosfer. Namun jika dalam komunitas skala besar seperti tambak, tentu saja diperlukan pasokan oksigen lebih tinggi. Jika menggunakan kolam, anda bisa menggunakan aerator untuk pasokan oksigen tambahan.

2. Sistem Buffer

Fungsi berikutnya sudah kami singgung sedikit diatas, yaitu sebagai sistem buffer. Alkalinitas sangat mempengaruhi tingkat keasaman air. Untuk itu, anda perlu menjaga alkalinitas agar tetap stabil sehingga dapat menghasilkan pH air yang stabil. Kada pH air yang ideal untuk tambak udang adalah 7 – 8. Diatas itu mungkin anda harus berhati-hati dan selalu mengecek kondisi udang setiap hari. Pasalnya, pH air akan mempengaruhi pola hidup komunitas yang ada didalamnya, termasuk udang.

Dampak Alkalinitas Tinggi

Jika kita sudah mengetahui fungsi penting dari alkalinitas, saatnya kita harus tahu apa saja dampak pada budidaya udang jika tingkat alkalinitas terlalu tinggi.

1. Kesadahan Air Meningkat

Dampak yang pertama adalah dapat membuat kesadahan air meningkat. Hal ini dikarenakan jika tingkat alkalinitas naik, maka produksi mineral pada air tersebut juga semakin meningkat. Jika sudah begitu, maka kesadahan air akan menimbulkan berbagai masalah.

2. pH Meningkat

Sudah dijelaskan diatas, bahwa fungsi utama dari alkalinitas adalah menjaga pH agar tetap stabil. Jika alkalinitas naik, kadar pH dalam air juga akan naik. Ketika pH tersebut naik diatas ambang normal, maka pertumbuhan udang akan terganggu, bahkan mengalami kematian. Pasalnya, pH merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi selera makan udang.

Sumber Alkalinitas Pada Budidaya Udang

Alkalinitas pada tambak bisa didapatkan dari tiga sumber, salah satunya adalah sumber buatan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak sedikit penjabaran berikut.

· Sumber Fisika

Suhu dan salinitas akan mempengaruhi gas CO2 yang masuk kedalam air akibat tekanan atmosfer. Kandungan gas tersebut nantinya akan terdifusi dan menghasilkan alkalinitas. Namun tentunya dalam jumlah yang sedikit, untuk itu anda perlu sumber lainnya.

· Sumber Kimia

Untuk mendapatkan alkalinitas yang baik, anda bisa melakukan pengapuran sebagai persiapan awal budidaya udang. Pada umumnya, bahan yang digunakan adalah yang mengandung kalsium karbonat, kalsium oksida dan kalsium hidroksida atau bahan lain yang mengandung senyawa karbon.

· Sumber Biologis

Sumber alkalinitas ini masih tergolong alami karena membutuhkan aktivitas organisme dalam air. Proses penguraian yang terjadi akan menghasilkan gas CO2 yang akan meningkatkan kadar alkalinitas. Itulah sekilas penjelasan tentang pentingnya alkalinitas untuk budidaya udang beserta dampak dan fungsinya. Semoga dapat menjadi wawasan baru bagi anda yang telah membaca artikel ini.

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Pupuk Organik untuk Tambak Bandeng Agar Hasil Panen Bagus Yang Direkomendasikan

Artikel April 27, 2022

Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Artikel Juli 09, 2022

Cara Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Terpal

Artikel Juli 11, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

❭❭Featured Posts

Pupuk khusus tambak udang dan bandeng

Pupuk Tambak Organik NASA

Pupuk Tambak Mei 09, 2021
Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Artikel April 26, 2022
Pupuk Tambak Nasa Ukuran 250gr

Kandungan Pupuk Tambak Organik TON

Kandungan TON Nasa Mei 10, 2021
Menghitung Omset Tambak Udang Vaname dan Analisa Usaha

Menghitung Omset Tambak Udang Vaname dan Analisa Usaha

Artikel Juni 17, 2022
Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Artikel Juli 09, 2022
Tren Budidaya Udang Vaname 2022 dan 2023

Tren Budidaya Udang Vaname 2022 dan 2023

Artikel April 16, 2022
error: Ups....!!!