Budidaya Bandeng Air Tawar Agar Sukses dan Hasil Panen Melimpah

Budidaya-Bandeng-Air-Tawar-Agar-Sukses-dan-Hasil-Panen-Melimpah

Pupuktambak - Siapa pun orangnya yang menekuni usaha budidaya termasuk budidaya bandeng air tawar, sangat penting baginya untuk memperhatikan perawatan bandeng sejak awal sampai ketika bandeng dipanen.

Jika tidak tentu budidaya bandeng yang dilakukan tidak akan mampu memberikan hasil panen secara maksimal. Adapun terkait teknik budidaya bandeng air tawar seperti apa agar hasil panennya melimpah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda. Cek dulu!

Budidaya Bandeng Air Tawar Agar Sukses dan Hasil Panen Melimpah

Teknik Budidaya Bandeng Air Tawar Sampai Sukses

Proses adaptasi nener atau bandeng anakan

Nener atau bandeng anakan secara umum diproduksi di dalam sistem air laut sejak induk sampai pendederan berlangsung dengan rentang salinitas air untuk telur dan larva sebesar 30 – 32 ppt, sementara salinitas air untuk bandeng muda sebesar 10 – 20 ppt.

Agar bandeng dapat dipelihara di air tawar dengan salinitas 0 – 5 ppt maka adaptasi diperlukan. Adaptasi ini dilakukan guna menjadikan nener tidak stress dan bisa bertahan ketika sudah dimasukkan ke dalam kolam nantinya.

Biasanya adaptasi dilakukan di bak dengan kapasitas per meter sebesar 1000 ekor nener. Kemudian proses penurunan salinitas air dilakukan secara bertahap guna mengurangi air laut dalam bak dan menambah air tawar.

Prosesnya dilakukan terus menerus semacam itu sampai nener benar – benar mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan air tawar. Setelah nener diadaptasikan, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan tahap pembesaran bandeng. Anda bisa menggunakan kolam tanah atau kolam terpal untuk membesarkan bandeng.

Pada contoh kali ini proses pembesaran bandeng akan dilakukan dengan menggunakan kolam tanah. Tahapannya sebagai berikut :

Proses pengeringan kolam tanah

Kolam dikeringkan selama kurang lebih 3 hari sampai dengan 7 hari. Fungsinya adalah untuk membunuh hama dan kuman penyakit yang berada di bagian dasar kolam. Pematang kolam harus dalam kondisi kuat dan demikian dengan pintu airnya agar pengeringan kolam bisa dilakukan dengan mudah.

Pastikan agar Anda cangkul bagian dasar kolam supaya tanah dasaryang dialiri oleh air cepat melumpur. Taburi bagian dasar dari kolam tambak dengan kapur. Pastikan kapurnya sesuai dengan pH tanah. Fungsinya adalah untuk menaikkan pH kolam menjadi 7,0 – 8,0 dan berfungsi sebagai pencegah serangan penyakit pada nener.

Kemudian taburi kolam dengan pupuk organik yang volumenya 1 ton per hektar, pupuk urea  150 kg per hektar dan pupuk TSP 75 kg per hektar.

Untuk pupuk organiknya, Anda bisa menggunakan pupuk TON Nasa yang selama ini dikenal memiliki kualitas yang sangat bagus. Anda bisa membelinya di toko offline atau secara online di Sini.

Ya, kami menjual pupuk organik TON Nasa dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Harganya pun terjangkau sehingga pastinya Anda akan mendapatkan kenyamanan dan banyak keuntungan dengan membeli pupuk organik untuk budidaya bandeng air tawar di tempat kami.

Proses penebaran benih

Penebaran benih ikan bandeng dapat dilakukan setelah kolam dialiri air dengan ketinggian 40 cm. Penebaran benih kemudian disesuaikan dengan kapasitas kolam. Untuk nener dengan panjang 3 – 5 cm kapasitas kolam yang dibutuhkan dengan perbandingan 3- 5 ekor per meter perseginya.

Setelah penebaran berlangsung 7 hari, air kolam bisa ditambah sampai mencapai ketinggian 1 meter dan pakan buatan atau pelet baru dapat diberikan.

Pemberian pakan

Pakan untuk ikan bandeng yang dibudidayakan dilakukan sebanyak 3 kali sehari dengan volume 50 kg/ hektar/ hari atau sekitar 3 – 5% bobot massa bandeng. Pakan diberikan di pagi hari pada pukul 07.00 – 08.00, pukul 11.00 – 12.00 siang dan 16.00 – 17.00 sore. Setelah usia 4 – 6 bulan baru bandeng bisa dipanen. Semoga informasi yang kami dapat berikan di atas menjadi informasi yang bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin mencoba budidaya bandeng air tawar. 

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Budidaya Ikan Bandeng Dengan Teknik Stunting

Artikel Juli 26, 2021

Hama Tambak Bandeng yang Berpotensi Sebabkan Gagal Panen

Hama Penyakit Bandeng Agustus 05, 2022

Jenis-jenis Makanan Ikan Bandeng Tambak

Seputar Budidaya Bandeng Juli 13, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Jenis jenis hama dalam budidaya tambak bandeng

Macam Jenis Hama Tambak Bandeng

Hama Penyakit Bandeng Mei 27, 2021
Cara Pemupukan Tambak Udang Dengan TON

Cara Pemupukan Tambak Udang Dengan TON

Cara Aplikasi TON Nasa Mei 10, 2021
Cara Aplikasi Pupuk Organik Tambak TON dan Tangguh dalam Tambak

Tutorial Membuat Pupuk Cair Tambak Udang Dijamin Berhasil

Pupuk Tambak Agustus 09, 2022
Cara Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Terpal

Artikel Juli 11, 2022
Analisa Modal Usaha Tambak Lele yang Perlu Diketahui

Analisa Modal Usaha Tambak Lele yang Perlu Diketahui

Budidaya Lele Agustus 11, 2022
Pupuk Dasar Tambak yang Dibutuhkan dan Metode Pemupukannya

Pupuk Dasar Tambak yang Dibutuhkan dan Metode Pemupukannya

Pengolahan Lahan Tambak Agustus 06, 2022
error: Ups....!!!