Budidaya Bandeng Kolam Terpal Untuk Pemula

Budidaya Bandeng Kolam Terpal Untuk Pemula
Budidaya Bandeng Kolam Terpal Untuk Pemula

Ikan bandeng termasuk salah satu jenis ikan air tawar atau ikan air payau yang bisa menjadi konsumsi masyarakat kita. Ikan ini memiliki daging tebal dan lezat. Permintaan ikan bandeng di pasaran pun cukup tinggi yang menjadikan budidaya bandeng kolam terpal sangat menguntungkan.

Jika Anda termasuk  pemula yang ingin memanfaatkan permintaan ikan bandeng yang tinggi untuk membudidayakan jenis ikan ini, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkap untuk Anda terkait bagaimana teknik dan cara budidaya bandeng yang bisa menjadi panduan dasar untuk pemula dengan menggunakan kolam terpal. Let’s check these out!

Budidaya Bandeng Kolam Terpal Untuk Pemula

Dalam budidaya bandeng kolam terpal, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan antara lain :

1. Tahap Persiapan Kolam

Pastikan Anda menyiapkan lahan yang sesuai dengan kebutuhan budidaya Anda. Di sana buat lubang kolam dengan luas yang Anda sesuaikan dengan kebutuhan baru setelah itu tutup bagian bawahnya dengan kolam terpal.

2. Tahap Persiapan Media Budidaya Bandeng

Pastikan agar Anda membuat kolam tambak pada lokasi dengan pH yang tepat. Untuk budidaya bandeng, pH kolam terpal yang tepat sekitar 7 sampai dengan 8. Hal ini menjadi sangat penting untuk menghasilkan bandeng yang berkualitas tinggi.

Pastikan juga bahwa air pada suhu kolam mencapai 26 sampai 32 derajad celcius. Jangan sampai suhu air dalam kolam mengalami penurunan karena hal ini sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup bandeng yang dibudidayakan nantinya.

Dalam budidaya bandeng kolam terpal hal yang juga penting adalah membuat kolam pembesaran. Jadi ada dua jenis kolam yang harus dipersiapkan yaitu kolam untuk pembenihan dan kolam pembesaran.

3. Persiapkan Benih Bandeng

Untuk benih bandeng, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di balai perikanan atau pun toko benih. Pastikan agar Anda memilih benih dengan ukuran berat sehat dan tidak cacat karena hal ini sangat penting supaya bandeng bisa tumbuh dengan jauh lebih baik.

Ketika benih Anda dapatkan, lakukan pengamatan setelah benih ditebar. Pastikan benih yang ditebar tidak terlalu banyak untuk nantinya ditampung pada kolam terpal yang sudah Anda siapkan.

4. Jangan Lupakan Perawatan Bandeng yang Dibudidayakan

Bandeng yang Anda budidayakan juga harus dirawat dengan baik agar cepat besar. Selain perlu memberikan pakan alami atau umpan alami untuk bandeng sama halnya dengan umpan pancing, Anda juga perlu memberikan pakan tambahan.

Pakan tambahan berupa probiotik sangat dianjurkan diberikan ketika bandeng berumur 27 hari setelah penebaran dilakukan.

Jangan lupa berikan juga pupuk yang ditebarkan di kolam terpal karena pupuk ini nantinya akan memberikan cukup banyak manfaat dalam pembesaran ikan bandeng yang dibudidayakan.

Salah satu jenis pupuk yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang budidaya bandeng kolam terpal adalah pupuk TON Nasa.

Budidaya Bandeng Kolam Terpal Untuk Pemula

Selain bisa digunakan sebagai pupuk tambak bandeng, pupuk ini juga bisa digunakan untuk Anda yang budidaya ikan lele atau bahkan udang. Pupuk ini mampu mencegah munculnya hama, membantu menutrisi ikan yang dibudidayakan dan mempercepat tumbuh kembangnya sehingga Anda bisa cepat panen dengan memanfaatkan pupuk ini untuk budidaya.

Pupuk TON Nasa sendiri bisa Anda dapatkan di berbagai tempat baik secara offline atau pun online. Namun jika Anda ingin membeli secara online, pupuktambak.com dapat menjadi tempat terbaik Anda mendapatkan pupuk tambak dengan harga bersahabat dan cara pembelian yang mudah.

Ingin beli sekarang? Klik Di Sini ya!

5. Panen Ikan Bandeng

Setelah proses perawatan yang cukup panjang, Anda bisa memanen ikan yang Anda budidayakan. Ikan bandeng yang siap dipanen yaitu ikan bandeng dengan berat sekitar 100 sampai dengan 600 gram setiap ekornya.

Pastikan ketika anda melakukan pemanenan, Anda harus panen ikan bandeng dengan menggunakan jaring dan berhati – hatilah agar bandeng tidak mati karena shock atau stress. Jangan lupa juga untuk menyortir ikan dan mengelompokkannya dengan berat yang sama ketika proses panen anda lakukan.

Demikian informasi yang kami dapat bagikan untuk Anda terkait cara budidaya bandeng kolam terpal yang bisa anda lakukan. Pemula wajib coba juga.

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Artikel Juli 09, 2022

Daerah Penghasil Tambak Udang Terbesar di Indonesia

Artikel Juni 11, 2022

Tren Budidaya Udang Vaname 2022 dan 2023

Artikel April 16, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Artikel Juli 09, 2022
Tahapan Panen Udang Vaname Organik

Tahapan Panen Udang Vaname Organik

Teknis Budidaya Juni 03, 2021
Analisa Modal Usaha Tambak Lele yang Perlu Diketahui

Analisa Modal Usaha Tambak Lele yang Perlu Diketahui

Budidaya Lele Agustus 11, 2022
40 Hari Panen Udang Windu Dengan Pakan Alami Phronima

40 Hari Panen Udang Windu Dengan Pakan Alami Phronima

Artikel April 11, 2022
Cara Pemupukan Tambak Udang

Cara Pemupukan Tambak Udang

Pengolahan Lahan Tambak Juli 11, 2021
Hama dan Penyakit Udang Windu yang Peternak Harus Tahu

Hama dan Penyakit Udang Windu yang Peternak Harus Tahu

Hama Penyakit Udang Juni 14, 2022
error: Ups....!!!