Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar
Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Salah satu budidaya ikan yang berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar adalah ikan bandeng. Alasannya adalah, bandeng merupakan jenis ikan konsumsi sehari-hari dengan harga yang tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan ikan lain. Selain itu, bandeng juga merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan. Jadi bisa diartikan sebagai berikut, mudah diternak, dan juga banyak dicari konsumen.

Alasan lain bahwa bandeng menjadi prospek usaha yang patut diperhitungkan adalah, dapat mudah berkembang dan cepat besar. Tentunya anda harus melakukan cara budidaya bandeng dengan tepat agar cepat besar dengan kualitas terbaik. Bagaimana caranya? Simak penjelasan kami berikutnya.

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Cara yang akan kami berikan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara budidaya ikan jenis lain. Namun ada beberapa tips yang mungkin belum pernah anda ketahui dan juga belum dilakukan.

1.     Persiapan Kolam

Tahap awal ini merupakan faktor utama agar dapat menghasilkan bandeng dengan kualitas tinggi dan juga cepat besar. Maka dari itu, anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Bersihkan kolam yang akan digunakan sebagai tempat hidup bibit bandeng , baik itu ketika anda menggunakan tembok, terpal atau tambak. Pembersihan kali ini meliputi endapan lumpur, sisa pakan bandeng dan juga dari kotoran ikan pada musim sebelumnya.
  • Setelah dibersihkan sampai benar-benar bersih, langkah selanjutnya anda harus mengeringkan media tersebut. Biarkan saja beberapa hari agar sinar matahari secara alami akan membersihkannya, hal ni bertujuan untuk menghilangkan zat beracun dan juga bakteri yang tersisa.
  • Selanjutnya anda bisa memberikan kapur khusus dengan kandungan CaCO3. Tujuannya agar dapat menambah pH air dan mengendalikan patogen.
  • Gunakan pupuk organik jenis ZA atau TSP untuk menambahkan jumlah mikroorganisme seperti plankton yang dapat berguna sebagai makanan benih bandeng.
  • Yang terakhir tentu saja anda harus mengisi air pada kolam tersebut. Ketinggian air yang ideal agar dapat menghasilkan benih bandeng cepat besar adalah 1 meter. Hal ini memungkinkan agar jumlah oksigen dan jua plankton lebih banyak jika anda harus mengisinya setinggi 60 cm.

2.     Pemilihan Nener

Proses ini sangat penting sekali jika anda ingin budidaya bandeng cepat besar. Memilih bibit harus dengan kualitas baik agar mendapatkan hasil terbaik juga. Pilih nener yang bergerak aktif karena pada dasarnya bibit bandeng merupakan ikan yang aktif. Selain itu anda juga harus memperhatikan masalah fisik seperti ukuran dan juga kesehatan.

3.     Pakan Ikan

Konsepnya bukan memberi pakan sebanyak-banyaknya agar bandeng cepat besar. Namun konsep yang digunakan adalah memberikan pakan sesuai dengan dosis dan jumlah ikan dari kolam tersebut. Justru jika pemberian pakan secara besar-besaran akan menimbulkan endapan ditanah dan dapat mengganggu kesehatan ikan.

4.     Penyakit Ikan Bandeng

Agar dapat menghasilkan bandeng berkualitas dan cepat besar, maka anda harus mengenali gangguan penyakit yang biasanya terjadi. Kemudian anda bisa melakukan tindakan secepatnya jika salah satu ikan mengancam keberhasilan budidaya bandeng anda.

5.     Panen

Waktu yang ideal untuk memanen bandeng seharusnya sekitar 6 bulan, dengan jangka waktu tersebut kemungkinan anda sudah mendapatkan bobot rata-rata setengah kilo. Untuk mendapatkan bobot yang lebih dari itu, anda juga bisa menunda proses panen. Namun hal tersebut akan berisiko ketika cuaca tidak mendukung. Hal terpenting yang tidak boleh anda lupakan adalah, cara budidaya ikan bandeng agar cepat besar juga tergantung dari lingkungan dan cuaca.

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Budidaya Ikan Bandeng Dengan Teknik Stunting

Artikel Juli 26, 2021

Cara Budidaya Tambak Udang Vaname Tradisional

Artikel April 13, 2022

Menghitung Omset Tambak Udang Vaname dan Analisa Usaha

Artikel Juni 17, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Cara Budidaya Bandeng

Cara Budidaya Bandeng

Teknis Budidaya Mei 24, 2021
Tren Budidaya Udang Vaname 2022 dan 2023

Tren Budidaya Udang Vaname 2022 dan 2023

Artikel April 16, 2022
40 Hari Panen Udang Windu Dengan Pakan Alami Phronima

40 Hari Panen Udang Windu Dengan Pakan Alami Phronima

Artikel April 11, 2022
Pupuk Dasar Tambak yang Dibutuhkan dan Metode Pemupukannya

Pupuk Dasar Tambak yang Dibutuhkan dan Metode Pemupukannya

Pengolahan Lahan Tambak Agustus 06, 2022
Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Artikel Juli 10, 2022
Jenis Pupuk Tambak Dan Cara Pemupukannya

Pupuk Untuk Tambak Ikan Yang Direkomendasikan

Artikel Agustus 07, 2022
error: Ups....!!!