Jenis Pupuk Tambak Dan Cara Pemupukannya

Jenis Pupuk Tambak Dan Cara Pemupukannya

Jenis pupuk tambak beserta cara pemupukannnya adalah salah satu cara penting untuk meningkatkan hasil panen tambak. Dengan pemupukan yang baik dan benar mampu menciptakan lingkungan yang ideal bagi udang atau bandeng untuk berkembang. Pemupukan dan pengolahan tambak sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan pakan alami udang dan bandeng yang tumbuh dalam tambak seperti plankton, kelekap,dll.

Pupuk tambak yang banyak merupakan variasi dari pupuk organik dan anorganik/buatan. Pupuk organik untuk tambak bisa berupa pupuk kandang. Jika pingin yang sudah jadi anda bisa menggunakan Pupuk Tambak Organik Nusantara(TON) produksi dari PT. Natural Nusantara. Sedangkan pupuk anorganik ada urea, ponska dan TSP.

Dosis Rekomendasi Pupuk Tambak

Proses pemupukan haruslah menggunakan cara dan perhitungan yang tepat supaya hasil budidaya menjadi lebih optimal. Dosis rekomendasi untuk pemupukan tambak udang/bandeng yang baik adalah pupuk kandang 1.000 kg per Ha, Urea 50kg per Ha, TSP 75kg per Ha (Urea : TSP= 2 : 1). Sumber : Liptan (Lembaga Informasi Pertanian)

Jenis pupuk tambak yang akan kita gunakan juga bisa berdasarkan saran atau rekomendasi dari dinas terkait. Ini berkaitan dengan kondisi wilayah dan geografis tambak.

Jenis Pupuk Tambak Dan Cara Pemupukannya

Jadwal Pemupukan Tambak

Lakukan pemupukan tambak sebanyak dua kali, yaitu pemupukan awal(pengolahan tanah) dan pemupukann susulan. Lakukan pemupukan awal pada 7-14 hari sebelum benih ikan/udang masuk ke tambak. Kemudian lakukan pemupukan sususaln setelah umur 1 bulan setelah benih masuk

Persiapan Dasar Sebelum Pemupukan Tambak

Sebelum melakukan pemupukan, dasar tambak harus lebih dulu melalui proses pengeringan hingga tanah terlihat retak-retak. Tanah retak ini menandakan bahwa dasar tambak sudah kering secara maksimal dan siap untuk proses selanjutnya. Ini juga bermanfaat untuk membuang gas gas berbahaya yang ada pada tambak. Proses pengeringan ini biasanya memakan waktu 7-10 hari tergantung cuaca saat proses tersebut.

Cara Pemupukan Tambak

Lakukan pemupukan ketika tambak benar-benar sudah kering. Tebarkan pupuk kandang yang telah kita siapkan secara merata ke seluruh permukaan tambak. Anda juga bisa mengganti pupuk kandang dengan menggunakan PUPUK TAMBAK ORGANIK TON sebanyak 3-6kg/hektar. Untuk cara aplikasinya bisa anda baca pada postingan Cara Pemupukan TON. Selanjutnya masukkan air ke tambak hingga macak-macak. Tinggi air pada tambak sekitar 5 cm dari dasar tambak. Tunggu tambak dalam keadaan seperti ini selama satu sampai dua minggu hingga air benar-benar menguap dan kering.

Setelah kering, masukkan air secara bertahap ke dalam tambak hingga setinggi 10-25 cm. Selanjutnya lakukan pemupukan urea dan TSP. Proses pemupukan ini supaya pertumbuhan plangton dan pakan alami menjadi lebih baik lagi.

Lakukan pengeringan kembali setelah 3 hari dari pengairan pertama. Selanjutnya masukkan air dengan ketinggian sekitar 20-25 cm. Tiga hari selanjutnya air kembali ditambahkan hingga 40-50 cm. Dan proses selanjutnya setelah 3 hari adalah menambah ketinggian air maksimum 80-100 cm. Pada saat inilah benih udang sudah bisa masuk ke dalam tambak.

Whatsapp Facebook Google+ Pinterest Twitter Digg this

Postingan Terkait

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Artikel April 26, 2022

Hal Penting dalam Budidaya Udang dengan Tambak Agar Tidak Gagal Panen

Artikel Juni 16, 2022

Kelebihan Budidaya Udang Vaname yang Anda Harus Tahu

Artikel Juni 15, 2022

Udang Vaname – Primadona Baru

Artikel Juni 16, 2021

❭❭Featured Posts

Pupuk Tambak Nasa Ukuran 250gr

Kandungan Pupuk Tambak Organik TON

Kandungan TON Nasa Mei 10, 2021
Panduan budidaya bandeng dengan teknologi organik NASA

Panduan Budidaya Bandeng Organik NASA

Teknis Budidaya Mei 18, 2021
Jenis Hama Udang Vaname yang Biasa Menyerang

Jenis Hama Udang Vaname yang biasa Menyerang Tambak

Hama Penyakit Udang April 17, 2022
Teknis-Budidaya-Udang-Dengan-Teknologi-Organik-NASA

Teknis Budidaya Udang Dengan Teknologi Organik NASA

Teknis Budidaya Mei 10, 2021
Hal Penting dalam Budidaya Udang dengan Tambak Agar Tidak Gagal Panen

Hal Penting dalam Budidaya Udang dengan Tambak Agar Tidak Gagal Panen

Artikel Juni 16, 2022
40 Hari Panen Udang Windu Dengan Pakan Alami Phronima

40 Hari Panen Udang Windu Dengan Pakan Alami Phronima

Artikel April 11, 2022
error: Ups....!!!