Pupuk Untuk Tambak Ikan Yang Direkomendasikan

Jenis Pupuk Tambak Dan Cara Pemupukannya

PupukTambak.Com - Bagi Anda yang sedang budidaya ikan di tambak, pupuk untuk tambak ikan sangat Anda perlukan untuk menunjang kelangsungan hidup ikan tambak yang sedang Anda budidayakan. Pertumbuhan ikan tambak juga dipengaruhi oleh jenis pupuk ini.

Cukup banyak jenis pupuk untuk tambak ikan yang Anda perlu siapkan. Salah satunya Anda juga perlu menyiapkan pupuk organik cair untuk tambak. Lantas kemana Anda bisa membelinya?

Membeli beragam pupuk tambak termasuk pupuk organik cair sekarang ini sangat mudah dengan melakukan pembelian secara online di stockist PT Natural Nusantara pupuktambak.com.

Dapatkan pupuk terbaik dengan harga terjangkau di sini. Adapun terkait apa saja pupuk yang dibutuhkan untuk tambak ikan, Anda bisa cek komposisi lengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi Pupuk Untuk Tambak Ikan

Bagi petani tambak ikan, pupuk untuk tambak ikan harus diberikan dengan komposisi dan dosis yang sesuai. Jadi dosisnya harus benar – benar diperhatikan.

Dosis pemupukan yang baik untuk tambak udang menurut Liptan adalah sebesar 1000 kg pupuk kandang per hektar, pupuk urea 50 kg per hektar, pupuk TSP 75 kg per hektar. Persiapan dasar tambak yang harus dilakukan pun cukup banyak.

Jadi sebelum pemupukan dilakukan, tambak harus dikeringkan terlebih dahulu sampai tanah terlihat retak -  retak. Nah, tanah retak ini menjadi suatu pertanda bahwa tambak sudah kering maksimal. Proses pengeringannya pun secara umum memakan waktu kurang lebih 7 sampai dengan 10 hari tergantung cuacanya juga.

Metode pemupukannya seperti apa?

Metode pemupukan tambak ikan dilakukan setelah tambak benar – benar kering. Kemudian tebarkan pupuk kandang yang sudah disiapkan ke seluruh permukaan tambak secara merata. Setelah itu airi tambak sampai airnya tergenang cukup sempurna.

Pastikan tinggi air pada tambak tidak lebih dari 5 cm dan biarkan tambak dalam kondisi seperti ini selama kurang lebih 1 sampai 2 minggu hingga air benar – benar menguap dan kering. Kemudian ketika pasang naik terjadi, air dimasukkan secara bertahap ke dalam tambak sampai air menggenangi dasar tambak dengan ketinggian 10 – 25 cm.

Setelah itu dilakukan pemupukan urea dan TSP dimana penyebaran pupuk urea dan TSP diharapkan dapat menumbuhkan plankton pada tambak dengan sebaik mungkin. Pengeringan kemudian dilakukan kembali setelah 3 hari pasca pengairan pertama tadi.

Tinggikan kembali permukaan air sampai sekitar 20 – 25 cm. Berikutnya air ditambahkan sampai 40 – 50 cm. Selanjutnya air ditambahkan di ketinggian maksimal 80 – 100 cm. Pada saat inilah benih udang dapat ditebarkan ke dalam tambak.

Jadwal pemupukan juga harus dipastikan dilakukan dengan baik. Jadwal pemupukannya dilakukan sebanyak dua kali yaitu pemupukan awal dan pemupukan susulan. Pemupukan awal dilakukan 7 – 14 hari sebelum benih ditebarkan. Sementara pemupukan susulan dilakukan setelah 1 bulan benih ditebarkan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja yang harus dilakukan untuk membuat hasil panen ikan yang dibudidayakan di tambak melimpah. Anda harus menjalankannya.

Sementara untuk Anda yang mencari produk pupuk terbaik untuk tambak ikan khususnya pupuk organik cair, Anda bisa dapatkan dengan Hubungi Kami!

Ya, kami adalah stockist pupuk organik cair PT Natural Nusantara yang sudah bertahun – tahun menyediakan keperluan pupuk untuk petani tambak. Dapatkan pupuk berkualitas dengan harga terjangkau hanya di sini. Masih ragu dengan produk yang kami siapkan? Tak perlu ragu, ayo beli dan buktikan sendiri!

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Tambak Udang Windu yang Baik Untuk Budidaya

Artikel Juli 09, 2022

Cara Budidaya Tambak Udang Vaname Tradisional

Artikel April 13, 2022

Tren Budidaya Udang Vaname 2022 dan 2023

Artikel April 16, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Tambak udang vaname secara tradisional

Cara Budidaya Tambak Udang Vaname Tradisional

Artikel April 13, 2022
ciri ciri udang vaname

Udang Vaname – Primadona Baru

Artikel Juni 16, 2021
Cara Pemupukan Tambak Udang

Cara Pemupukan Tambak Udang

Pengolahan Lahan Tambak Juli 11, 2021
Jenis Pupuk Tambak Dan Cara Pemupukannya

Pupuk Untuk Tambak Ikan Yang Direkomendasikan

Artikel Agustus 07, 2022
Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Artikel Juli 10, 2022
Jenis-jenis Makanan Ikan Bandeng Tambak

Jenis-jenis Makanan Ikan Bandeng Tambak

Seputar Budidaya Bandeng Juli 13, 2022
error: Ups....!!!