Budidaya Tambak Udang Vaname Modern, Perhatikan Ini!

Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal
Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

Bagi petambak udang, budidaya tambak udang vaname modern menjadi metode budidaya tambak udang yang semakin dilirik belakangan ini. Terlebih karena dengan metode budidaya secara modern, efisiensi energi dan tenaga menjadi semakin baik.

Jika Anda tertarik untuk budidaya tambak udang vaname secara modern, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkapnya untuk Anda. So, let’s check these out!

Cara Budidaya Tambak Udang Vaname Modern

1. Kualitas air

Dalam program budidaya tambak udang vaname modern tipe air payau, salinitas air harus berada di kisaran 0 – 33 pt dengan nilai suhu optimal sebesar 30 derajad celcius dan harus bebas dari berbagai bahan pencemar berbahaya.

Dengan salinitas yang baik, udang bisa tumbuh dengan nyaman dan berkembang biak dengan pesat untuk mendapatkan hasil produksi yang melimpah. Saluran air untuk tambak ini haruslah terpisah antara saluran air masuk dan saluran keluar.

Hal ini digunakan untuk menjaga agar air selalu dalam kondisi bersih dan bebas dari limbah dan mencegah udang mengalami stress karena air yang tercampur.

2. Pemilihan Benur

Sebenarnya tidak hanya praktek tambak modern, pada tambak tradisional pemilihan benur juga harus diperhatikan. Pastikan Anda memilih benur dengan survival rate atau tingkat kehidupan yang tinggi agar benih mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan lingkungan yang ada.

Pastikan Anda memilih benur yang tegas dan aktif bergerak, sehat, memiliki alat tubuh yang lengkap dan siap untuk dibersihkan.

Untuk mengecek suatu benur layak dibudidayakan atau tidak, coba Anda letakkan benur dalam sebuah wadah khusus misalkan diletakkan di baskom yang diberi panci dan kemudian diaduk kencang selama 1 – 3 menit. Benur yang sehat nantinya akan tetap bertahan terhadap adukan karena ia mampu berenang melawan arus putaran air. Setelah berhenti diaduk, benur pun tetap aktif bergerak. Benur yang kondisinya semacam ini perlu menjadi pilihan.

3. Metode Pengolahan Lahan

Dalam budidaya tambak udang vaname modern, metode pengolahan lahan yang dianjurkan digunakan adalah pengangkatan lumpur dengan penyedotan memanfaatkan pompa air atau alkon.

Pupuk tambak organik nasa

Pembalikan tanah juga diperlukan agar tanah bisa bebas dari berbagai potensi terdapatnya gas beracun. Tanah juga perlu digemburkan dan semua bibit penyakit perlu dibunuh. Teknik pengapuran dilakukan menggunakan kapur zeolit dan dolomit dimana per 1 hektar kolam tambak membutuhkan 1 ton kapur zeolit dan dolomit.

Kemudian pemberian pupuk tambak juga diperlukan. Pupuk TON Nasa dengan dosis yang tepat harus diberikan. Untuk 1 hektar, butuh 10 botol pupuk TON Nasa.

Kalau Anda merupakan peternak udang yang masih baru dan belum tahu dimana Anda bisa menemukan pupuk TON Nasa, Anda bisa mencari pupuk TON Nasa secara online. Dapatkan pupuk TON Nasa melalui link ini. Pupuk organik udang berkualitas dengan harga yang terjangkau akan Anda dapatkan.

4. Pemeliharaan Udang Vaname

Pastikan area kolam diberi sekat. Anda bisa menggunakan waring atau hapa untuk penyekatan pada kolam udang vaname. Waring atau hapa memudahkan pemberian pakan dan memudahkan perkembangan udang vaname.

Nantinya waring atau hapa, bisa dibuka setelah 1 minggu. Kualitas air pada bulan pertama harus stabil dan penggantian air pun perlu dilakukan secara hati – hati mulai umur 30 hari. Sampling untuk mengetahui perkembangan berat udang juga perlu diperhatikan setiap 7 – 10 hari sekali.

5. Syarat Panen Udang Vaname

Untuk proses panen, diperlukan syarat supaya udang yang diternak dengan cara modern memiliki kualitas yang bagus. Ketika udang mencapai 120 hari masa hidupnya maka harus dipastikan ukuran normal beratnya sekitar 40 – 50 gram.

Itulah sedikit informasi terkait budidaya tambak udang vaname modern yang penting diperhatikan. Dengan budidaya tambak udang vaname secara modern ini, Anda bisa meningkatkan efisiensi budidaya dan mendapatkan hasil maksimal tanpa perlu ragu.

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Mengenal Ciri Ciri Udang Vaname Yang Bagus

Artikel Juni 06, 2021

Teknik Budidaya Bandeng Tambak yang Tepat

Artikel April 30, 2022

Pupuk Untuk Tambak Ikan Yang Direkomendasikan

Artikel Agustus 07, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Cara Membuat Tambak Lele Kolam Terpal

Cara Membuat Tambak Lele Kolam Terpal

Budidaya Lele Agustus 12, 2022
Tahapan Panen Udang Vaname Organik

Tahapan Panen Udang Vaname Organik

Teknis Budidaya Juni 03, 2021
Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Fasilitas Tambak Udang yang Harus Dipersiapkan

Artikel Juli 09, 2022
Cara Budidaya Udang Windu Agar Dapatkan Hasil Panen Berkualitas

Cara Budidaya Udang Windu Agar Dapatkan Hasil Panen Berkualitas

Artikel Juni 10, 2022
Budidaya Ikan Bandeng Dengan Teknik Stunting

Budidaya Ikan Bandeng Dengan Teknik Stunting

Artikel Juli 26, 2021
Hama dan Penyakit Udang Windu yang Peternak Harus Tahu

Hama dan Penyakit Udang Windu yang Peternak Harus Tahu

Hama Penyakit Udang Juni 14, 2022
error: Ups....!!!