Ukuran Tambak Udang Vaname yang Dianjurkan

Ukuran Tambak Udang Vaname yang Dianjurkan
Ukuran Tambak Udang Vaname yang Dianjurkan

Pupuktambak.Com - Bagi Anda yang berniat untuk melakukan budidaya udang vaname, ukuran tambak udang vaname sangat perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda membuat tambak udang dengan ukuran yang asal, terlalu kecil atau terlalu besar.

Kalau terlalu kecil, udang akan sesak dan berdesakan yang membuat pertumbuhannya menjadi kurang maksimal. Sementara kalau tambak terlalu besar tentu akan berdampak terhadap budget perawatan yang harus Anda keluarkan sementara hasil udang ketika panen belum bisa anda tentukan.

Lantas berapa ukuran tambak udang vaname yang dianjurkan?

Berikut kami akan berikan ulasan menariknya untuk Anda!

Ukuran Tambak Udang Vaname

Ketika tambak udang akan dibuat, pemilihan jenis tambak udang yang dibuat harus disesuaikan dengan budget atau tujuan pembuatan Anda. Ada 4 jenis tambak udang vaname dengan teknologi berbeda yang bisa dipilih.

Anda bisa memilih jenis tambak tradisional atau ekstensif, semi intensif, intensif atau pun super intensif. Di sini kita akan membahas jenis tambak tersebut masing – masing :

Tambak ekstensif atau tradisional

Jenis tambak ini dikenal padat sehingga memiliki tingkat produktivitas yang juga rendah. Namun tingkat perawatan tambak dengan metode pembuatan tambak ekstensif atau tradisional cenderung mudah dan biayanya pun murah.

Biasanya benih yang bisa ditebar pada tambak tradisional atau ekstensif adalah berkisar antara 3000 – 8000 ekor per hektar.

Tambak semi intensif

Tambak semi intensif memiliki populasi tebar benih yang lebih tinggi dibandingkan pada tambak ekstensif atau tradisional. Pada tambak semi intensif, per hektar ukuran tambak bisa digunakan untuk menebar benih sekitar 10.000 – 20.000 ekor.

Tambak intensif

Biasanya tambak intensif menggunakan kolam tanah langsung sebagai tempat budidaya. Pada kolam tanah tersebut juga seringkali dilapisi dengan lapisan yang dapat mengurangi tingkat erosi tanah. Kedalamannya pun dibuat lebih dari 1 meter sehingga udang bisa bergerak secara bebas.

Untuk ukuran tambak udang vaname 1 hektar pada tambak intensif biasanya memiliki populasi tebar benih sebesar 20.000 – 50.000 ekor. 

Tambak super intensif

Pada tambak super intensif, Anda bisa menebar benih jauh lebih besar dibandingkan ketiga jenis tambak yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun memang dibandingkan beberapa jenis tambak sebelumnya, jenis tambak super intensif juga butuh biaya mahal dalam pembuatan dan perawatannya.

Tambak super intensif adalah model tambak modern yang membutuhkan oksigen lebih banyak. Anda perlu alat supply oksigen dalam tambak model ini. Tingkat kedalamannya juga harus berada di kisaran lebih dari 2,6 meter agar udang tidak sesak.

Selain ukuran tambak udang vaname yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu memperhatikan suplemen dan pemupukan. Hindari menggunakan pupuk secara asal karena dapat membuat kualitas hidup udang tidak sempurna sehingga panen pun hasilnya kurang memuaskan.

Pupuk organik Anda perlukan. Cukup banyak jenis pupuk organik yang bisa Anda pilih, namun salah satu jenis yang direkomendasikan dan banyak digunakan petani udang adalah pupuk TON Nasa. Jenis pupuk ini memiliki kualitas yang oke dan memberikan banyak manfaat bagi lahan tambak.

Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Tambak

Dengan menggunakan Pupuk TON Nasa, kualitas air tambak sangatlah baik dan pertumbuhan udang yang dibudidayakan akan maksimal. Anda bisa memastikan udang ternutrisi dengan baik di lingkungan hidupnya menggunakan jenis pupuk ini.

Lantas, dimana Anda bisa mencari pupuk TON Nasa?

Anda bisa dapatkan pupuk TON Nasa di toko pupuk terdekat di kota Anda. Hanya saja saat ini masalahnya sangat jarang Anda bisa menemukan toko pupuk dan toko peralatan serta perlengkapan tambak lainnya.

Namun bukan berarti Anda akan kesulitan mendapatkan produk pupuk TON Nasa. Anda tetap bisa mendapatkannya dengan mudah melalui link ini. Hubungi kami dan dapatkan pupuk Ton Nasa dalam berbagai varian yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan Anda. Butuh pupuk tambak organic dengan kualitas super? Pupuk TON Nasa solusinya. Dapatkan hasil panen terbaik dengan memberikan pupuk berkualitas, hubungi kami sekarang!

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Artikel April 26, 2022

Mengenal Ciri Ciri Udang Vaname Yang Bagus

Artikel Juni 06, 2021

Cara Budidaya Tambak Udang Vaname Tradisional

Artikel April 13, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Cara Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Terpal

Artikel Juli 11, 2022
ciri ciri udang vaname

Udang Vaname – Primadona Baru

Artikel Juni 16, 2021
Cara Pemupukan Tambak Udang

Cara Pemupukan Tambak Udang

Pengolahan Lahan Tambak Juli 11, 2021
Jenis jenis hama dalam budidaya tambak bandeng

Hama Tambak Bandeng yang Berpotensi Sebabkan Gagal Panen

Hama Penyakit Bandeng Agustus 05, 2022
Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Artikel April 26, 2022
Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Artikel Juli 10, 2022
error: Ups....!!!