Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal
Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

PupukTambak.Com - Komoditas perikanan menjadi potensi yang cukup menjanjikan dibidang usaha dan bisnis. Modal yang lumayan besar, namun diikuti dengan keuntungan yang sangat besar pula membuat banyak pengusaha melirik bidang usaha ini. Salah satunya anda bisa budidaya udang vaname dikolam terpal. Ada banyak keunggulan dari salah satu teknik ini, namun tentunya anda harus melakukannya dengan tepat agar mendapatkan keuntungan tersebut.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa budidaya jenis air tawar ini memang sangat “gurih”, banyak pengusaha yang sudah meraup keuntungan besar dengan cara yang terbilang sederhana. Dikarenakan menggunakan media terpal sebagai bahan utamanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Disini kami akan membahas persiapan apa saja yang harus dilakukan jika anda ingin mencoba budidaya udang jenis air tawar ini. Kami akan membahas dengan lebih detail disertai dengan penjelasan yang singkat agar mudah dipahami.

1. Persiapan Kolam Budidaya Vaname

· Persiapan Lokasi

Lokasi yang dibutuhkan tidak harus spesifik, yang penting anda mempunyai sebidang tanah yang cukup luas untuk memulainya. Jika halaman belakang atau depan rumah anda luas, silahkan digunakan sebagai lokasi pembudidayaan. Namun satu hal yang pasti, semakin luas lahan yang digunakan juga akan semakin memungkinkan untuk meraup banyak keuntungan.

· Pembersihan Kolam

Setelah anda melakukan persiapan lokasi dan membuat kolam, langkah berikutnya adalah membersihkan kolam tersebut. Caranya, anda isi air kolam secukupnya, kemudian biarkan selama 1 atau2 minggu dan kemudian keringkan. Langkah ini akan menghilangkan bau karet dan juga zat kimia berbahaya yang terbawa oleh terpal.

· Pengisian Air Kolam

Pengisian air bisa dilakukan secara bertahap atau sekaligus. Yang perlu diperhatikan adalah, setelah anda mengisi air kolam, biarkan dulu beberapa hari sebelum melakukan penebaran benur (bibit udang). Hal ini berfungsi agar suhu dan kadar pH didalam kolam menjadi stabil terlebih dahulu.

· Fermentasi Kolam

Udang vaname sebenarnya tidak dapat hidup di air tawar, maka dari itu anda harus melakukan fermentasi terlebih dahulu dengan menambahkan probiotik dan garam agar air menjadi payau. Anda juga bisa mencampurkan air tawar dengan air laun untuk melakukan langkah ini.

2. Persiapan Bibit Udang (Benur)

  • Pemilihan Bibit Unggul

Untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah dengan kualitas bagus, anda harus memastikan bahwa sudah memilih bibit unggul. Anda bisa melihat dari fisiknya yang tanpa cacat, aktif geraknya dan juga ukuran yang sama.

· Penebaran Bibit Udang

Setelah anda memastikan telah menggunakan bibit vaname terbaik, saatnya melakukan penebaran kedalam kolam. Caranya hampir sama dengan bandeng, apungkan terlebih dahulu kantong berisi benur, biarkan beberapa saat hingga benur beradaptasi dengan suhu kolam. Setelah itu anda bisa membuka ikatan kantong dan biarkan bibit udang keluar sendiri.

· Perhatikan Waktu Penebaran Bibit

Jangan melakukan penebaran benur pada siang hari atau suhu dalam keadaan panas. Sebaiknya lakukan pada waktu sore hari tepat setelah suhu matahari sudah menurun.

3. Perawatan Budidaya Udang Vaname

· Observasi Udang Vaname

Proses observasi tergolong agak sulit untuk dilakukan karena anda harus melakukan pengecekan suhu kolam dan juga pH air. Selain itu, anda juga harus melihat setiap aktivitas udang, apakah sehat atau ada yang sakit karena infeksi jamur maupun bakteri.

· Pemberian Pakan Udang Vaname

Jenis perawatan yang kedua adalah memberi makan udang agar cepat besar dan siap dipanen. Anda bisa memberi makan sebanyak 3 kali sehari dengan kandungan protein tinggi.

4. Proses Panen Vaname

Setelah anda bersusah payah membuat kolam, memilih bibit unggul dan merawatnya, saatnya anda panen udang vaname tersebut. Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 4 – 5 bulan, namun semua tergantung dari permintaan pasar.

Sudah tahu kan bagaimana cara budidaya budidaya udang vaname dikolam terpal? Anda tertarik dan ingin mencobanya? Pastikan anda melakukan semua hal yang kami jelaskan diatas ya!

Tags:
Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

Daerah Penghasil Tambak Udang Terbesar di Indonesia

Artikel Juni 11, 2022

Pupuk Organik untuk Tambak Bandeng Agar Hasil Panen Bagus Yang Direkomendasikan

Artikel April 27, 2022

Pemahaman Konsep Size dan Ukuran dalam Penentuan Harga Udang

Artikel Juli 11, 2021

2 Responses for Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

  • Sy berminat untuk usaha udang vaname ini,kira² habis brp modal awal,kalau tempat sy udah punya tpi kolam ikan di sawah bukan terpal bisa kah?dan bagai mana cara pemasarannya apakah sudah ad penampung nya langsung?dan brp harga di jual nya?adakah no yg bsa dihubungi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Viterna Plus - Vitamin Untuk Udang dan Bandeng

Viterna Plus – Vitamin Untuk Udang dan Bandeng

Vitamin Udang dan Bandeng Mei 10, 2021
Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Artikel Juli 10, 2022
Tambak Bandeng Yang Baik

Persiapan Tambak Bandeng yang Baik dan Penting Untuk Budidaya

Artikel April 23, 2022
Cara Budidaya Bandeng

Cara Budidaya Bandeng

Teknis Budidaya Mei 24, 2021
Jenis Hama Udang Vaname yang Biasa Menyerang

Jenis Hama Udang Vaname yang biasa Menyerang Tambak

Hama Penyakit Udang April 17, 2022
Cara Budidaya Udang Galah Air Tawar di Tambak

Cara Budidaya Udang Galah Air Tawar di Tambak

Artikel April 14, 2022
error: Ups....!!!