Cara Budidaya Udang Windu Agar Dapatkan Hasil Panen Berkualitas

Cara Budidaya Udang Windu Agar Dapatkan Hasil Panen Berkualitas
Cara Budidaya Udang Windu Agar Dapatkan Hasil Panen Berkualitas

Pupuktambak.Com - Budidaya udang windu menjadi salah satu jenis budidaya yang paling banyak dilakukan oleh peternak udang di Indonesia. Terlebih jenis udang ini memang udang asli Indonesia. Udang windu dapat hidup di air laut, air payau atau air tawar.

Oleh sebab itu proses dan mekanisme budidayanya berbeda. Adapun cara budidayanya seperti apa tergantung jenis budidaya yang dilakukan. Namun secara garis besar, berikut cara budidaya yang Anda harus tahu dan perhatikan!

Cara Budidaya Udang Windu Agar Hasil Panen berkualitas

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengingkatkan hasil panen udang windu kita, Cara cara tersebut antara lain :

Pilih lokasi budidaya secara tepat

Lokasi budidaya udang windu menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya udang yang Anda lakukan. Ada baiknya agar Anda mencari lokasi budidaya yang memiliki kadar garam 10 sampai dengan 25 ppm dan memiliki kadar pH 7 sampai dengan 8.

Suhu dan siklus air pada lahan juga perlu Anda perhatikan. Ada baiknya berada di kisaran suhu 25 sampai dengan 29 derajad. Lokasi ini akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang udang. Semakin baik lokasi budidaya udang windu, maka pertumbuhan udang akan semakin cepat dan besar.

Pemilihan bibit unggul

Memilih bibit unggul yang berkualitas menjadi sebuah keharusan. Setidaknya, udang windu yang dibudidayakan harus memenuhi spesifikasi bahwa bibitnya adalah bibit unggul.

Ada beberapa ciri bibit udang windu dikatakan sebagai bibit unggul. Beberapa cirinya yaitu tidak memiliki cacat fisik apapun, mampu berenang melawan arus, gerakannya lincah dan bebas.

Perhatikan proses pembesaran dan pemeliharaan

Setelah bibit dipastikan berkualitas, proses pemeliharaan juga harus Anda perhatikan. Pastikan agar kondisi tambak selalu baik dengan pemberian pupuk secara tepat.

Jenis pupuk yang sangat dianjurkan untuk budidaya udang Windu adalah pupuk TON Nasa. Jenis pupuk ini memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan udang dan penyediaan mineral yang dibutuhkan di tambak.

Pupuk TON Nasa sendiri bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau baik secara offline atau online. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pupuk TON Nasa secara online, sekarang Anda sedang berada di tempat yang tepat.

Ya, pupuktambak.com merupakan stockist pupuk TON Nasa yang berdiri dibawah naungan PT Natural Nusantara. Langsung hubungi kami sekarang untuk dapatkan pupuk TON Nasa berkualitas dengan harga bersahabat. Klik Di Sini!

Perhatikan pemberian pakan udang windu

Cepat atau lambatnya pertumbuhan udang windu tergantung pemberian pakan yang Anda lakukan. Anda bisa memberikan pakan alami dan pakan tambahan untuk udang.

Pakan alami yang bisa diberikan berupa plankton, lumut dan sisa hewan atau tumbuhan yang membusuk. Sementara pakan tambahan seperti palet juga diperlukan. Pemberian pakan tambahan bisa dilakukan dua kali sehari pada waktu pagi dan sore.

Kemudian setelah umur udang windu mencapai 3 bulan, berikan makanan tambahan kembali berupa dedak dicampur bekicot, siput atau ikan – ikanan yang sudah dicincang halus.

Lakukan penanggulangan penyakit dan hama

Salah satu faktor utama kegagalan panen adalah penyakit dan hama. Oleh sebab itu langkah antisipasi yang tepat sangat kita perlukan untuk kelangsungan budidaya udang windu nantinya.

Berbagai penyakit seperti virus bintik putih harus segera kita cegah. Demikian dengan juga dengan potensi hama yang dapat menyerang udang windu yang sedang kita budidayakan harus segera kita cegah juga.

Proses panen udang windu

Udang windu yang dibudidayakan rata – rata bisa dipanen pada umur 150 hari atau kurang lebih 5 – 6 bulan. Anda bisa memanen udang windu ketika ukurannya sebesar 40 – 50 cm dan memiliki berat sekitar 7 hingga 8 ons.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan untuk Anda terkait bagaimana cara budidaya udang Windu yang tepat. Dengan teknik budidaya yang tepat hasil panen berkualitas akan Anda dapatkan.

Whatsapp Facebook Pinterest Twitter Linkedin Digg this

Postingan Terkait

8 Cara Supaya Kualitas Tambak Baik Untuk Meningkatkan Panen Udang Vaname

Teknis Budidaya Mei 17, 2021

Pemahaman Konsep Size dan Ukuran dalam Penentuan Harga Udang

Artikel Juli 11, 2021

Dipasena, Tambak Udang Terbesar di Asia Tenggara

Artikel Juni 13, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

❭❭Informasi Penting Lainnya

Pupuk Tambak Nasa Ukuran 250gr

Kandungan Pupuk Tambak Organik TON

Kandungan TON Nasa Mei 10, 2021
Rekomendasi Pupuk Organik untuk Tambak Bandeng Agar Hasil Panen Bagus

Pupuk Organik untuk Tambak Bandeng Agar Hasil Panen Bagus Yang Direkomendasikan

Artikel April 27, 2022
ciri ciri udang vaname

Udang Vaname – Primadona Baru

Artikel Juni 16, 2021
Hama dan Penyakit Udang Windu yang Peternak Harus Tahu

Hama dan Penyakit Udang Windu yang Peternak Harus Tahu

Hama Penyakit Udang Juni 14, 2022
Jenis jenis hama dalam budidaya tambak bandeng

Macam Jenis Hama Tambak Bandeng

Hama Penyakit Bandeng Mei 27, 2021
Budidaya Ikan Bandeng Dengan Teknik Stunting

Budidaya Ikan Bandeng Dengan Teknik Stunting

Artikel Juli 26, 2021
error: Ups....!!!